Kamis, 17 Oktober 2013

Tulisan Mengenai 9 Aspek Tujuan dalam Mempelajari Bahasa Indonesia



Hubungan 9 Aspek yang Dipelajari dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia dengan Tujuan Khusus Pembelajaran mata Kuliah Bahasa Indonesia
Berikut adalah 9 aspek yang dipelajari dalam mata kuliah bahasa indonesia 1.
1.      Ragam Bahasa
2.      Ejaan
3.      Diksi
4.      Kalimat
5.      Alinea
6.      Perencanaan Penulisan Karya Ilmiah
7.      Kerangka Karangan
8.      Kutipan & Catatan Kaki
9.      Abstrak & Daftar Pustaka
Tujuan :
Agar kita dapat menggunakan Bahasa Indonesia secara baik dan benar. Baik secara lisan maupun penulisan yang sudah Akurat.
Pertanyaan :
Apakah dengan hubungan diatas, tujuan dari hubungan 9 ragam tersebut akan terpenuhi?

DESKRIPTIF:
            Secara teori pada faktor dari hubungan antara 9 ragam diatas kita dapat membuat dan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dalam program studi Mata kuliah ini, Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk memahami Bahasa Indonesia tetapi juga dituntut untuk menularkan pengetahuan tentang Bahasa Indonesia yang baku maupun tidak baku. Pada gaya hidup dikalangan masyarakat (remaja) ini seperti yang berada pada jenjang pendiikan Perguruan Tinggi dinegeri maupun swasta, mereka yang mengakui mengikuti jaman sekarang yang serba gaul dan mereka tidak ragu untuk menunjukan identitas mereka melalui gaya hidup yang modern pada saat ini dan hasilnya sebagian besar mahasiswa yang sedang menjalani dan membuat skripsi mengalami kesulitan dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jadi menurut saya, dari hubungan 9 aspek diatas pada tujuan khusus pembelajaran mata kuliah Bahasa Indonesia ini sangatlah diperhatikan kembali dalam menggunakan sebuah Ejaan karena dari 9 Aspek diatas berpengaruh besar pada tujuan khusus pembelajaran mata kuliah Bahasa Indonesia.
            Kesimpulannya, seperti pada ciri-ciri ragam bahasa diatas pada penggunaan kaidah tata bahasa yang normatif. Pada pengguna Bahasa Indonesia agar menjadi lebih baik dan benar agar tidak salah sebaiknya kita memperhatikan dalam penulisan harus sesuai dengan EYD, karena penggunaan ejaan ini adalah resmi dalam sebuah ragam tulisan. Karena Bahasa Indonesia merupakan Bahasa yang Nasional yang artinya Bahasa tersebut merupakan Bahasa pengantar sehari-hari.
                                             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar